Share Suka Duka Kerja Sambil Kuliah


Setiap manusia di dunia ini pasti punya mimpi untuk bisa mewujudkan cita-cita yang dia mau. Tapi akungnya, setiap orang terlahir dengan nasib yang berbeda-beda. Ada orang yang udah kaya dari lahir karena harta kekayaan orang tuanya, tapi ada juga sebagian besar lain yang hidup sederhana dan kudu kerja keras buat ngejar cita-cita yang dia mau.

Dan Alhamdulillah-nya adalah, aku termasuk ke golongan yang kedua. aku emang terlahir dari keluarga yang sederhana dan ngga sekaya Hary Tonae atau Chairil Tunjang. Tapi bagi aku itulah sisi positifnya. Dari pertama kali menginjakkan kaki di Cilacap (aku sejak kecil tinggal di Lampung), aku udah punya mindset bahwa aku harus sukses, dan aku harus kerja keras buat ndapetin apa yang aku mau.

Dan aku pun bermimpi untuk… kuliah!

Yap, ga gampang emang. kamu tau sendiri lah betapa keras dan kejamnya kehidupan ini. Bapak Ibu  aku sendiri pun udah bilang dari awal bahwa dia ga sanggup ngebiayain aku untuk kuliah. Sedih memang, tapi itulah yang bikin aku jadi semakin terpacu. Seperti kata-kata Audrey Herpburn, “Nothing is impossible, the word itself says i’m possible”. Di dunia ini ga ada yang ga mungkin, karena bahkan dalam kata impossible sendiri sebenarnya terselip makna i’m possible.

Perlahan tapi pasti, Tuhan mulai menunjukkan kekuasaannya. Setelah menunggu sekitar setahun setelah lulus SMK aku akhirnya bisa bekerja di salah satu perusahaan yang ada di kota aku sendiri, dimana di perusahaan ini bisa dibilang kerjanya bisa dibilang santai dan ngga begitu menguras tenaga dan pikiran, walaupun pekerjaan ini santai, tapi yang jadi kendala saat aku mau mendaftar kuliah adalah waktu. Ya, karna aku disini bekerja shift dan waktu perkuliahan aku sendiri adalah pagi hari, dimana kalau bekerja shift ini ga kenal waktu libur atau tanggal merah, pokoknya kalo pas kita lagi jadwal shift masuk ya tetep masuk, mau itu lagi lebaran atau ujan, badai, banjir sekalipun tetep berangkat. Itu sebenernya yang jadi pikiran utama aku saat mau daftar kuliah ini

Akhirnya aku konsultasi sama atasan aku, kalau aku mau kerja sambil kuliah, Alhamdulillah di permudah juga sama perusahaan, dimana aku dikasih kesempatan tukar shift kalau aku ada jadwal shift yang bertubrukan dengan jam kuliah.

Nah, seringkali ada temen yang nanya sama aku :

“Mif, kerja sambil kuliah itu rasanya gimana si?”.

“Hul, katanya kerja sambil kuliah itu cape ya?”.

“Bro, ko muka lu mirip tatang sutarman ya?”. Lah, sue malah ngatain.

Buat kalian yang pengen tau gimana rasanya kuliah non-reguler alias kerja sambil kuliah, kalian mampir ke tulisan yang tepat. Kali ini aku akan berbagi pengalaman dan suka duka aku selama kuliah. Tapi sebelum masuk ke sana, aku bakal ngejawab pertanyaan paling mendasar dulu :

Kerja sambil kuliah sama kuliah sambil kerja itu beda ngga si?

Pertanyaan ini seringkali terlontar sama bocah-bocah yang baru lulus SMA dan mengidamkan bangku perkuliahan.

Jawabannya : Ya jelas beda banget. Kalo kalian "Kerja sambil kuliah", itu artinya pekerjaan berada di prioritas utama, sedangkan dunia perkuliahan jadi prioritas kedua setelah pekerjaan itu kalian selesai (Kebanyakan si pekerja kantoran yang jam kerjanya nine to five). Biasanya opsi perkuliahannya ada 3 jenis, yakni kelas reguler sore (06.30 – 09.00), kelas malam (08.00 – 10.00), atau kelas Sabtu minggu tapi full sampe sore. Semuanya tergantung kebijakan masing-masing universitas.

Berbeda halnya dengan "kuliah sambil kerja". Yang mana berarti kuliah berada di prioritas utama, sedangkan pekerjaannya berada di prioritas kedua kalo jam kuliah lagi kosong atau emang lagi libur semesteran. Jenis kelas yang diambil udah pasti adalah kelas reguler, sama seperti mahasiswa biasa. Sedangkan pekerjaannya udah pasti jatohnya adalah freelance, atau kalo ngga ya kerjaan yang bisa diatur jadi shift malem. Misalnya adalah SPG, Apoteker, Fotografer, Gojek, dan berbagai kerjaan lain yang waktu kerjanya fleksibel.

Nah, kalo kalian mutusin untuk ngambil opsi kerja sambil kuliah (bukan sebaliknya), maka kalian mesti siap dengan berbagai resiko yang ada. Ni aku kasih tau dah beberapa suka pengalaman suka duka aku semasa kuliah :

1. Mahasiswanya udah pada bangkotan.



Kalo kalian mengambil kuliah kelas karyawan atau kelas sore dan berharap bisa ketemu gadis-gadis cantik semacem kimberly ryder atau ariel tatum, maka kalian sungguh sudah salah kaprah. Yap, dikarenakan kelas karyawan atau kelas sore itu emang ditujukan untuk para karyawan swasta, maka jangan heran kalo sebagian besar mahasiswanya bukanlah anak-anak muda, apalagi fresh graduate.

Emang sih, terkadang ada aja anak fresh graduate yang ikut kelas karyawan (kayak aku, hehehe), tapi itu pun jumlahnya ga banyak. Kebanyakan sih yang ikut kelas karyawan itu udah pernah kerja dulu minimal setaunan lah, baru dia ngambil bangku perkuliahan. Salah satu temen sekelas aku yang bernama Pak Sumino, bahkan udah menginjak hampir kepala empat ketika pertama kali masuk bangku perkuliahan. Dan siapa sangka, dia juga bisa mengikuti perkuliahan dengan baik kok..

2. Bentrok waktu sama kerjaan


Seperti yang udah aku jelasin di atas, dalam dunia perkualiahan kelas karyawan, titik priotitas berada di pekerjaan kita. Itu artinya, ketika terjadi sesuatu pekerjaan di kita semacem lemburan atau meeting mendadak, maka kita harus rela untuk ngorbanin segala aktivitas perkuliahan. aku pernah banget ngalamin kejadian beginian. Udah siap mau kuliah tiba tiba temen yang diajak tuker shift ga ada yang bisa, tapi kalo mau ujian dan ga ada yang mau diajak tuker ya terpaksa ambil jatah cuti yang cuma dijatah 12 kali dalam satu tahun

Kan kamfret. Kalo bukan temen mah bawaannya pengen aku bacokin aja dah.

Tapi, seiring dengan waktu berjalan, kita pasti bakalan nemuin ritme nya. Kita bakal tau kapan waktu yang tepat untuk ngabur dari kerjaan demi bisa kuliah, kapan waktunya ngorbanin kampus dulu untuk fokus ke urusan kerjaan, dan kapan waktunya ngebacok temen yang ada aja alesannya kalo banyak alesan pas mau diajak tuker shift. #Jahat

3. Dosennya lebih ngertiin


Di kampus aku, mahasiswa kelas karyawan seringkali disebut dengan istilah ‘Osis’, yang artinya Otak Sisaan. Ngoehehe

Maklum aja lah, namanya kita udah kerja nguras pikiran dan tenaga seharian, terus kejebak macet pas jalan ke kampus belum lagi kalo ujan dll, begitu masuk ke kelas otaknya pasti cuma kesisa dikit. Perintilannya doang. Mangkanya ya dosen-dosennya juga biasanya jadi lebih sabar waktu ngejelasin materinya. Ada materi yang susah dimengerti, maka sang dosen pun siap untuk nerangin berkali-kali. Kalo masih belom ngerti juga ya paling dia cuma ngehela nafas, terus ngeledakin bom C4 di dalem kelas. Eh ngga deng, jahat amat.

Ga cuma masalah materi, masalah absensi pun kebanyakan dosen-dosen itu lebih ngertiin. Kalo ada mahasiswa yang dateng telat, dosennya biasanya ga ngomel dan malah langsung mempersilahkan mahasiswa itu masuk. Bahkan, mahasiswa masuk ke kelas ketika waktu pelajaran udah mau kelar (sisa 5 menit) pun, beberapa dosen masih mau berbaik hati ngasih lembaran absensi. Tapi ada juga dosen yang Jahat sih, dia ga tau kalo kita habis masuk malem kali ya, kadang masih sisan 10 menit juga ga dapet absen ..

“Yah.. gapapalah. Meskipun terlambat, tapi seenggaknya kamu masih ada usaha dan niat untuk belajar. Abis ini beliin aku Pizza Hut ya.”

Bae banget kan ntu dosen.

4. Empot-empotan biaya kuliah.


Kuliah kelas malam itu ga cuma butuh semangat yang besar, tapi juga biaya yang ngga sedikit. Jadi sebelum mutusin ke dunia perkuliahan malam, ada baiknya kita review dulu, seberapa besar sih kemampuan finansial kita.

aku sendiri pernah ngumpulin sejumlah kwitansi-kwitansi pembayaran yang udeh aku setorin, kemudian aku itungin dah satu per satu. Ternyata, hanya dalam waktu 4 tahun masa kuliah aja duit yang aku keluarin udah setara dengan harga mobil bekas. Ga kerasa kan.

Dan lagi, biaya kuliah itu sejatinya ga cuma SPP, tapi juga ada pengeluaran tak terduga lainnya. Misalnya aja buku materi, fotokopian, serta uang makan yang ngga sedikit kalo pas lagi kuliah, ya tau sendiri kan aku juga doyan makan ya, apalagi otak abis di kuras buat dipaksa ngikutin materi yang ada di dalem kelas, otomatis makan juga harus yang banyak, yang tentunya bakalan menguras isi dompet kita. aku pun udah terbiasa dah kalo terpaksa jadi fakir mendadak pas tanggal tua.

Jadi, jangan kira kuliah kelas karyawan itu keren bro. Kelas karyawan itu cape, dan nguras duit pula. Kalo kalian niatnya setengah-setengah mah, mending gausah. Yang ada ntar malahan brenti di tengah jalan, mending uangnya buat ditabung buat beli sesuatu yang lebih bermanfaat.

5. Hal yang Didapatkan : Ilmu, Duit + Pengalaman


Beberapa hal positif yang didapat adalah ketiga hal ini, di mana masih bisa belajar dan mendapat ilmu di kampus, bekerja mendapatkan gaji berupa uang dan pastinya pengalaman juga didapat di tempat kerja. Beberapa hal ini yang menjadi satu kesatuan dan menjadi sensasi tersendiri bagi mereka yang merasakan ketiga ritme ini.

Walau memang aktivitas menjadi padat, asal tekun dan tetap semangat pasti selalu ada hal-hal yang membuat semangat kita tetap terpacu. Salah satunya untuk membahagiakan orang tua, dukungan teman-teman dan kerabat lainnya bahkan dukungan dari sang pujaan hati yang selalu men-support. Eh ini pujaan hati maksunya yaa.

6. Pas diwisuda rasanya lebih nikmat.


“Semakin sulit perjuangan yang kita lakukan, maka semakin besar kemenangan yang kita raih.” ~Thomas Paine

Perjuangan keras untuk bisa membagi waktu kuliah dan kerja, membagi uang untuk hidup dan uang untuk belajar hingga akhirnya bisa menembus sidang wisuda, tentunya membuat hasil akhir yang kita rasakan berbeda sama mahasiswa biasa. Apalagi kalo seluruh biaya kuliah dan wisuda itu kita bayarkan dari jerih keringat kita sendiri. Beuh.. itu bakalan bangga banget dah rasanya. doain aku cepet wisuda yaa, baru kuliah semester 1 aja udah ga sabar pengen wisuda, gimanaa ya raaku lulus kuliah dengan biaya sendiri.

Itulah sedikit banyaknya yang aku rasain Kerja Sambil Kuliah kelas karyawan di STT Wiworotomo Purwokerto, dimana aku kerja di cilacap dan setiap ada jam perkuliahan aku harus ke Purwokerto, pulang pergi sih sekitar 2 jam kalo ga mampir mampir,  kalo pas cerah sih ga masalah ya, bayangin kalo pas ujan dipaksa berangkat tepat waktu, eehh malah dosennya ga berangkat, rasanya pengen ngebacok dosen kalo pas ketemu. Eh ngga deng, jadi orang gaboleh jahat.

Oya, satu hal lagi. Istilah Sarjana baru = Pengangguran baru, itu ngga berlaku untuk mahasiswa kelas karyawan. Karena ketika aku lulus dan mendapat gelar Sarjana, aku bukan lagi seorang Sarjana fresh graduate. Tapi Sarjana dengan pengalaman kerja 4 tahun. Dan itu tentunya jauh memiliki nilai yang jauh lebih tinggi di mata HRD.

Jadi yang bener adalah Sarjana Baru = Kerjaan Baru atau Jabatan Baru. Hehehe


Buat kamu yang ragu untuk kerja sambil kuliah, rasanya ga usah. Setiap sesuatu pasti ada suka dukanya, itu bagian dari proses.

Segitu dulu aja dah tulisan aku kali ini. Gimana? Kalian tertarik untuk ngambil kuliah kelas karyawan? Atau.. pengen berbagi cerita semasa masih kuliah? Share aja di kolom komentar yaa..

Comments

Popular posts from this blog

About Miftahul Huda

Pantai Karang Bandung, Nusakambangan

[Open Trip] Karang Bandung, Nusakambangan with Blast Blue Adventure