Rutinitas = BUANG WAKTU!


Tanpa disadari, aku yakin sebagian besar orang telah membuang waktunya tanpa mereka sadari.

Untuk mahasiswa:
Tiap pagi bangun tidur, pergi ke kampus, masuk kelas, selesai nongkrong bentar, pulang ke rumah. Besoknya ya gitu terus...

Untuk pekerja:
Tiap pagi bangun tidur, pergi ke kantor, masuk jam 8 pagi, jam 12 makan siang sampe jam 1, kerja lagi sampe jam 5 sore, trus pulang ke rumah. Besoknya, ya gitu lagi...

RUTINITAS = BUANG WAKTU = BORING = NGGA ASIK!

Hidup cuma 1x. Alangkah asiknya kalau hidupmu berwarna. Banyak variasi. Bermakna. Berkembang.

Gimana caranya?

aku ngga bilang untuk supaya hidup berwarna, Kamu harus ngga lakuin rutinitas yang seharusnya kamu lakuin: kuliah / kerja. TAPI,... coba tantang diri Kamu untuk berpikir, "Apa yang bisa aku  lakuin ya?" atau "Gimana caranya untuk ngebuat aku atau kerjaan aku lebih bagus ya?" atau "Gimana caranya supaya aku bisa punya network / teman lebih banyak lagi ya?", dan seterusnya dan seterusnya.

Jadi, ketika harus kuliah,... ketika di kelas, pikirin gimana caranya supaya ilmu yang Kamu dapetin itu maksimal. Apakah ikut secara aktif dalam diskusi? Beraniin diri untuk nanya? Beraniin diri untuk maju ke depan untuk presentasi? Ketika istirahat, gunain waktu untuk jangan hanya nongkrong sama temen-temen yang itu ituuuuu aja. Coba sekali-kali maen ke jurusan lain, kenalan. Kali aja ketemu jodoh? he he he. Dan, pas waktunya pulang atau di weekend, gunain untuk berorganisasi!

Untuk yang kerja, coba pas makan siang... jangan hanya makan siang sama temen makan siang yang itu ituuuu aja. Pas meeting, jadilah orang yang aktif. Beraniin untuk ambil suatu posisi, atau tanggung jawab. Pas waktunya pulang, coba untuk hang out sama teman. Cari kenalan teman baru, jangan hanya dengan teman sekantor, kalo perlu malah dengan orang yang beda industri. Ngga ada ruginya punya temen banyak!

Mungkin, pas weekend, gunain untuk merenung. Coba mikirin, ada ngga hal lain dari apa yang sudah kamu lakuin, yang Kamu suka... (passion)? Kalo ada, COBA perjelas di otak Kamu, dan tulis. Jabarkan juga step-stepnya. Dan, yang paling penting, untuk beraniin untuk #MakeItHappen!

aku tipe orang yang suka nantang diri sendiri. aku ngga sedih ketika ngga punya duit. aku sedih dan bener-bener worried ketika aku ngga punya ide, dan ngga tau mesti ngapain. Dan, ketika aku lagi penuh ide, aku bahagia luar biasa.

Kegiatan aku sehari hari sekarang bekerja, selain itu? aku juga kuliah, ya aku bekerja sambil kuliah beberapa waktu lalu aku sudah pernah tulis artikel "Share Suka Duka Kerja Sambil Kuliah", selain kuliah dirumah aku punya kolam ikan dan aku juga harus merawatnya pagi siang sore, aku juga beberapa bulan yang lalu beli sepeda, kalo pas lagi ga punya ide atau lagi bosan keliling keliling desa pake sepeda, ikutan beberapa komunitas dan masih banyak kegiatan kegiatan lain yang ga bisa aku tulis disini. Dan beberapa temen sempet tanya, "emang ga cape apa Kerja, Kuliah, Punya kolam, Sering sepedaan?" dan pertanyaan pertanyaan lain. Dan aku jawab, NGGAK!

Inilah cara aku untuk selalu membuat hidup aku penuh warna. aku selalu tantang diri aku, selalu beraniin diri aku ngelakuin banyak hal yang sebelumnya belum pernah aku lakuin! Kenapa?

Karena aku sadar... Rutinitas itu BORING, BUANG WAKTU! Dan aku mau hidup aku berwarna, bermakna, dan... asik. Siapa yang sependapat sama aku?

oke...semoga menginspirasi dan keep sharing and dont waste your time any more... do something like a girl changes clothes..

ditulis ulang dari Kaskus

Comments

Popular posts from this blog

About Miftahul Huda

Pantai Karang Bandung, Nusakambangan

[Open Trip] Karang Bandung, Nusakambangan with Blast Blue Adventure