Ada "Surga" dibalik pulau Nusakambangan

NUSAKAMBANGAN, adalah pulau yang berada di Cilacap yang banyak dianggap seram oleh banyak orang karna disanalah dilakukan banyak eksekusi mati dan merupakan rumah tahanan untuk para napi yang mempunyai kasus berat. Kita ingat kembali Duo Bali Nine Andrew Chan dan Myuran Sukumaran adalah warga negara Australia, sedangkan Mary Jane warga Filipina yang batal di eksekusi mati di Nusakambangan karena kasus narkobanya yang membuat ramai dikalangan Netizen, dan masih ada beberapa lagi yang telah di eksekusi mati disana ...

Istilah "Penjara Nusakambangan" adalah sebuah kerancuan dalam pengertian khalayak ramai. Karena secara fakta tidak satupun nama penjara yang ada di sini yang bernama demikian.

Semula terdapat sembilan Lapas di Nusakambangan untuk narapidana dan tahanan politik, namun kini yang masih beroperasi hanya tinggal empat, yaitu:
Lapas Batu (dibangun 1925),
Lapas Besi (dibangun 1929),
Lapas Kembang Kuning (tahun 1950), dan
Lapas Permisan (tertua, dibangun 1908).
Lima lainnya, yaitu Nirbaya, Karang Tengah, Limus Buntu, Karang Anyar, dan Gleger, telah ditutup. Wilayah selatan pulau menghadap langsung ke Samudra Hindia dengan pantai berkarang dan berombak besar. Wilayah utara menghadap Kota Cilacap dan dikelilingi kampung-kampung nelayan sepanjang hutan bakau, antara lain Kampung Laut dan Jojog.

Tapi, dibalik itu semua ternyata Pulau Nusakambangan menyimpan banyak potensi pariwisata yang sangat menakjubkan yang berbanding terbalik dengan cerita seramnya pulau nusakambangan. Di Nusakambangan ada beberapa pantai yang cukup indah dan mungkin belum banyak orang yang tau kalau disana ada Pantai yang indah dan masih cukup Perawan. Bayangkan, tidak semua orang cilacap tau nama semua pantai pantai yang ada di Nusakambangan

Disini saya akan mencoba mengenalkan beberapa potensi wisata yang menakjubkan di Pulau Nusakambangan ini. Dijamin setelah itu tidak ada alasan lagi untuk menyebut pulau ini mengerikan.

1. Pantai Permisan, Nusakambangan

2. Pantai Kalipat, Nusakambangan

4. Pantai Karang Pandan, Nusakambangan

5. Pantai Kalikencana, Nusakambangan

6. Pantai Teluk Penyu, Cilacap

NB: Biaya yang saya sebutkan diatas sewaktu waktu dapat berubah

        Sebenarnya masih ada beberapa lagi pantai pantai di Nusakambangan, seperti pantai Selok Pipa, Rancababakan, dan lainnya. Tapi yang baru saya kunjungi adalah beberapa pantai diatas, mungkin beberapa waktu kedepan saya akan mengunjungi semua pantai yang ada di Nusakambangan ini.

Selain pantai, Nusakambangan juga sebenarnya ada benteng dan goa-goa yang masih sangat tersembunyi keberadaanya dan masih sangat jarang orang, terutamanya keberadaan Goa Goa yang ada di Nusakambangan, di Nusakambangan sebenarnya tidak hanya ada 1 Goa, tetapi ada beberapa goa yang ada disana, berikut adalah daftar beberapa Goa yang ada di Nusakambangan :
  • Goa Pasir
  • Goa Ratu
  • Goa Putri
  • Goa Merah
  • Goa Pawon
  • Goa Ronggeng
  • Goa Maria
  • Goa Masigitsela
  • Goa Bendung
Mungkin tidak hanya 10 Goa yang ada di sana, tetapi masih ada beberapa lagi yang masih belum diketahui nama dan keberadaannya..
Ayooo yang penasaran dengan pantai pantainya yang ada di Nusakambangan, silahkan datangi dan explore Pulau Nusakambangan, jika butuh teman bisa klik disini

Comments

  1. Wah, Cilacap! Kota kelahiraaaan. By the way, good luck buat lombanya!

    ReplyDelete
  2. ish, keren banget ternyata Pulau Nusakambangan tuuhh ..
    nice post, Kak .. :D

    ReplyDelete
  3. Lho, Mary Jane kan gak jadi dihukum mati, bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya kak, maaf kemaren nulisnya agak ngantuk.. udah dibenerin kok

      Delete
  4. Ada guide buat ke pantai"nya gk si? Tkut nyasar gtuu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

About Miftahul Huda

Pantai Karang Bandung, Nusakambangan

[Open Trip] Karang Bandung, Nusakambangan with Blast Blue Adventure