Cerita Solo Travelling ke Karimun Jawa (Travelling Sendirian)

Catatan kali ini mengenai trip ke karimun jawa karena banyak yang minta untuk ditulis di blog. karimun jawa adalah impianku dari masa SMK, maklum aku dulu ga bisa menikmati akses internet karena tinggal di desa, jadi awalnya aku tau karimun jawa ini dari internet berkat iseng iseng internetan pake hp temen. Snorkeling, melihat trumbu karang, ikan warna warni yang kecil, foto bareng nemo, ahh itu indah sekali kalo melihat di layar televisi. tapi mimpiku seolah olah akan gagal melihat terumbu karang secara langsung, dan foto bareng ikan ikan nemo yang lucu itu karena aku ga bisa berenang, tapi aku tetep pengen ke karimun jawa walaupun ga bisa berenang. Yeahhh pokoknya semangat jalan-jalan, baca sampai selesai ya.

Berbekal informasi dari internet dan kenekatan, pd tgl 12 September 2016, tepatnya hari Senin aku berangkat menuju semarang. Ya, semarang.. masih inget waktu itu lagi ramai suasana idul adha, pokonya pas hari H idul adha aku pergi dari rumah menuju semarang, sebenernya si ga pengen pas hari idul adha itu sih, tapi kan emang ada temen yang mau ke semarang jadinya ikut nebeng dia sekalian biar irit biaya perjalanan dll. Oiya sedikit cerita sebelum aku putuskan nekat travelling sendirian ke karimun  jawa, beberapa bulan sebelum idul adha ini udah ngajakin beberapa temen biar ikut bareng kesana, tapi ya ga nemu nemu sampe berbulan bulan akhirnya nekat juga sendiri kesana..

simpang lima
Disemarang, disemarang ini aku stay di kosnya ibnu sampe beberapa hari sambil browsing browsing diinternet tentang perjalanan karimun jawa dari semarang, nah di semarang ini aku mau berterima kasih sama Ibnu, Faiq, Indri sama Meila dan temen temen lainnya. yang sempet nyamperin ke kos, ngajak main, makan rendang, pinjemin kamera, main sampe malem sampe kos nya di kunci dan ga bisa buka kos karna ibnu nya lagi ga tau dimana, pokoknya diem di teras nunggu ibnu pulang dari kegiatannya dia yang super sibuk, singkatnya aku di semarang dari senin sampe rabu,

Rabu, jam 3 pagi aku bangun dari tidur persiapan menuju ke jepara pakai motornya ibnu, Sendirian, demi ngejar ikut kapal Siginjai dari jepara. pokoknya kenekatanku dimulai dari jam 3 itu, dimana aku ga tau jalan menuju jepara dan baru pertama kali naik motor sendirian di jam 3 dini hari, untung selama perjalanan aku di temani Google Maps.

jam 4 pagi udh di di perbatasan Demak
Ya, berkat dia perjalananku sampe di jepara tepat jam 5.15 udah sampe jepara dan sholat subuh dulu di pom dekat pelabuhan kartini, selesai sholat langsung buru buru beli tiket dapet info dari internet kalau antri tiketnya lama dan panjang, akhirnya tepat jam 5.50 udh dapet tiket untuk perjalanan ke jepara pakai kapal Siginjai, kapal siginjai ini termasuk yang paling murah loh, aku dapet harga 57rb. Tiket udah ditangan, laper, mau beli makan di warung udah ga sabar pengen liat sunrise di pelabuhan kartini, akhirnya ga jadi makan sampe akhirnya cari tempat duduk di kapal siginjai ini, di kapal ini mulai lepas dari pelabuhan jam 7 selama perjalanan di kapal ga bisa diem, pindah pindah tempat duduk cari temen ngobrol, sampe akhirnya ketemu satu keluarga yang kebetulan mau ngunjungi kaluarganya di karimun jawa, di sini sambil ngobrol anaknya minta makan, dan akhirnya mereka makan bareng dan aku pun dikasih rames sama keluarga ini, kalo ga ada mereka kayanya aku bisa keluar uang lebih banyak lagi  untuk beli makan di dalem kapal yang harganya lumayan mahal. sambil ngobrol kesana kemari sampe cape ngobrol, dan bayangin kita semua di dalem kapal sekitar 5 jam baru sampe pelabuhan karimun  jawa

loket pembelian tiket kapal Siginjai
keluarga yang kasih aku nasi rames
Tarraaaa... sekitar jam 12.30 siang akhirnya kakiku menapak untuk pertama kalinya di tanah karimun jawa, rasa seneng pasti ada lah, ya pokonya seneng lah, sampe ga bisa nulis di blog ini senengnya gimana, Nah di karimun ini ada banyak orang yang nawarin buat ikutan paketan trip, dari berbagai macam harga si yang mereka tawarin, tapi kebetulan aku ga ikutan paket trip, jadi aku disana sambil beli minum sambil telfon homstay yang sebelumnya udh aku pesen, dan kebetulan aku dijemput dari pelabuhan sampe homstaynya ..

penginapan semalam 75rb dapet 3 kasur:v
sampe di homstay aku langsung ditawarin untuk sewa motor sama dikasih tau beberapa tempat lokasi wisata darat, sewa motor disini 75rb 24 jam, nah bodohnya nih, sampe di homstay sekitar jam 1, nah itu otomatis aku mandi dulu dari semarang belum mandi dan karna cape di kapal akhirnya ga kerasa ketiduran di kamar sampe jam 5 sore, gila emang,, niatnya mau tour darat, mau keliling karimun jawa pake motor malah tidur sampe sore, yaudah akhirnya aku tanya lokasi alun alun karimun jawa buat cari makan disana, yang katanya murah murah, dan alhamdulillahnya aku dapet penginapan yang ga jauh dari alun alun ini, ya kurang lebih sekitar 100 meter, jalan kaki 7 menit udh sampe alun alunnya, ya karna ke alun alun jam 5 sore, pedagang2 makanannya belum pada buka, jadi aku main main dulu ke pantai sambil liat sunset nya, cakep.

ikan segar siap di bakar
jagung bakar di alun alun karimun jawa
sekitar jam 6.30 aku balik lagi ke alun2 buat beli ikan bakar, gilaa... murahhh murahh,.. kalo dibanding harga di Cilacap ya setengahnya lah.. pokonya puas puasin deh makan ikan disana, daaan disana aku disuruh pilih ikan segar dan langsung dibakar, jadi aku nunggu juga buat antri dibakar, dan keliling keliling nyicipi berbagai jajanan di alun alun sampe akhirnya ga kerasa udah jam 9 malem, balik dan buat persiapan snorkeling besok yang kebetulan di tawari  sama yang punya homstay untuk Tour Laut nah biayanya 150rb, udh termasuk Google, Fin, Kaki katak, makan siang , pokoknya full cover lah sampe selesai..

foto bareng diatas deck kapal sebelum perjalanan
jam 7 pagi, aku di jemput sama pemandu Tour Lautnya, pas di jemput kebetulan aku belum makan, dan aku sempet di suruh makan dulu di warung pinggir pelabuhannya, jam 8 kita semua udh diatas deck kapal, semua yang ikut tour laut ga ikut paketan tour, jadi kita disini mirip mirip sama share cost gitu, kebanyakan sih bule yang ikut di kapal ini, disini aku kenalan sama sesama orang yang jalan jalan sendirian, ada yang dari singapore dan beberapa negara yg lain, pake bahasa inggris dong jelas, ya walau agak macet macet tapi yang paling penting sih sama sama mudeng

Pertama kali naik deck kapalnya sih udah seneng banget rasanya, ya gimana ya ini destinasi impianku dari smk, paling akung sih sebenernya karna aku ga bisa berenang aja sih, kebayang gak gilanya, "aku gak bisa berenang tapi pengen foto bareng sama ikan nemo di dasar laut" ..
pernah dapet quotes gini

"if your dreams don't scare you, they aren't big enough."
Kalau mimpi kamu gak bikin kamu ngeri, nggak bikin kamu ragu dan takut, itu artinya mimpi kamu kurang tinggi.

yaaa gila sih, tapi itu emang mimpi aku foto di dasar laut, tapi akhirnya berhasil kok aku foto di dasar laut walau ga bisa berenang walau ada drama dulu sama tukang potonya.. Udah tau nggak bisa berenang masih nekad jalan-jalan ke laut? Kenapa nggak? Wis kadhung tresno! #halah

ya jadinya gini, ga bisa berenang tapi nekat main ke laut, ya kalo ga gini ga punya cerita seru dong
yang paling aku inget di karimun jawa adalah momen waktu aku dapet giliran foto di dasar laut, otomatis aku langsung dipanggil dong sama mas mas yang tukang poto underwaternya, disitu aku ga bilang kalo aku ga bisa berenang, tapi pede banget aku niatan lepas lifejacket (pelampung) terus nyelam, 1 , 2 , 3 , yakkk,,, aku berhasil masuk ke dalem laut tanpa lifejacket, ngeri ga sih orang ga bisa renang sama sekali tapi berani lepas lifejacket, gak lama masuk ke dalem akhirnya aku keluar lagi ke permukaan, alhamdulillah pas diatasnya masih ada pelampung yang aku copot tadi, tapi mas tukang potonya kurang puas, dia bilang kalo aku kurang ke dasar jadinya foto yang diambil tadi kurang memuaskan,  disitu momen aku jujur kalo aku ga bisa berenang.. hahhaa .. malu sih, tapi ya gmn yaa.. akhirnya aku dipanggilin guide satunya lagi, nah si guide yang satu ini posisinya di samping aku, dia kasih aba aba ke aku, "mas, dalam hitungan 1 2 3 tahan napas ya, tenang, jangan panik" gak lama dia bilang "siap mas, 1 2 3" tau gak, yang dia lakuin ke aku? dia ini neken bagian pinggang aku terus di dorong kedasar laut, gilaa menn,,,, pengalaman gila gilaaaa gilaaaa,,, selama ini cuma bisa liat pemandangan bawah laut di youtube sama instagram, dan itu aku liat langsung, alhamdulillah, tapi pemandangan aslinya lebih keren, asli, gak nyesel aku di dorong sama guide nya tadi. sempet aku videoin sih si guide ini pake kamera aku, tapi kayanya ga bisa di upload, durasinya terlalu panjang sama size videonya ya hampir 2gb jadi ga jadi aku upload proses aku di dorong ke dasar lautnya, ., tapi keren asli, buat kamu yang ga bisa berenang dan mau foto di dasar laut bareng ikan ikan yang cantik, ke karimun jawa lah... gak nyesel, apa lagi kalau kalian udah pinter berenang, pasti lebih bebas lagi di dasar lautnya yakan?

dapet temen dari singapore
ikan ikan kecil kaliatan dari atas deck kapal
tuh kannn,,, foto di dasar laut,, yey

style aku kurang lebih seperti ini kalo di dalem laut :v

ikan cantik di dasar laut

selesai makan siang
males malesan di pulau menjangan kecil setelah makan siang
Setelah males malesan di pulau menjangan kecil dari jam 12 sampe sekitar jam 2, kita semua dibangunin sama guidenya katanya mau ke lokasi snorkeling terakhir, oiya kita satu hari disini full snorkeling yaa, dan lokasinya berpindah pindah, satu lokasi sekitar 45 menit sebelum pindah ke lokasi yang lain, ya kalo ga salah sekitar 5 lokasi snorkling, perbedaaannya ada di spesies ikannya, karang karagnya sama kedalamannya, tapi kalo ngomong dalam, disini dalam, paling cetek 5 meter yang untuk spot snorkeling, pusing gak coba kalo yang  ga bisa renang .. haha

setelah selesai snorkeling yang terakhir, kita semua mampir di Menjangan Resort untuk menyaksikan sunset, daaann, lagi lagi di karimun jawa ini dapet sesuatu yang belum pernah aku lihat, disini aku menyaksikan matahari tenggelam (sunset) dari masih ada sinarnya sampe habis, sampe lihat setengah lingkaran, biasanya kalo di kita cilacap matahari belum sampe dasar udah ilang duluan ,, itu indah banget, sempet aku rekan timelapse pake kamera, tapi lagi lagi males banget uploadnya, size nya yang terlalu besar buat di upload, tapi next deh kapan kapan coba di edit videonya biar bisa diliat sama temen temen..

Dan yang paling penting di perjalanan kali ini selain cerita diatas, aku dapet pemberutahuan kalau aku di terima di salah satu perusahaan yang beberapa bulan sebelumnya sempet test kerja melamar kerja disana, tambah gila ga tuh, udah seneng seharian, terus sambil liat sunset eh dapet sms kalo aku diterima kerja, alahmdulillah, tuhan emang ga bisa ditebak yaa, ada aja momen yang buat aku seneng,,  Lanjut yaa.. dan setelah sunsetnya terbenam, kita semua pulang ke pelabuhan, dan dari pelabuhan ini aku jalan kaki, gak di anter sama guidenya, takira sih dijemput juga dianter, eh ternyata engga, yaudah utung penginapannya deket.

sampe penginapan sekitar jam 7 malem, mandi terus langsung cus ke alun alun lagi cari makan dan sampe malem, ga lupa beli oleh oleh dari sini

beberapa oleh oleh khas karimun jawasdc
Hari terakhir di karimun jawa aku habiskan dengan tidur di kamar karna cape, sambil menunggu dianter ke pelabuhan karimun jawa yang katanya kapalnya dateng sekitar jam 1 siang, setelah beberapa jam naik kapal, akhirnya sampe juga di pelabuhan kartini, aku langsung ambil motor di penginapan dan langsung cus ke semarang, gak lupa aku nyalakan Google Maps, ya walau akhirnya beberapa kali si Maps ini eror, Alhamdulillah sempet mampir dan sholat isya juga di Masjid Agung Demak..
Masjid Agung Demak
:v
Muka kesel karna minta tolong fotoin sama anak pesantren eh dia ga bisa moto, berkali kali blur, dan ini foto yang terbaik, alhamdulillah dapet foto,
terus lanjut motoran lagi ke semarang, ke kos Ibnu, alhamdulillah pas sampe sekitar simpang lima hujan deres, asli deres banget, walaupun udah pake mantel tetep aja kerasa deresnya, akhirnya berhenti lama sambil nunggu hujan reda

hujan deres banget

Kalau diitung itung, aku berangkat dari cilacap hari senin, dan sampe cilacap lagi hari minggu pagi, mantep sih emang, tapi banyak yang ga percaya kalo aku main selama seminggu itu habis uang banyak, aku pergi seinggu habis sekitar 1 juta, dan di karimun jawa nya, aku habis sekitar 500rb, selama 3 hari 2 malem di sana, pokonya 500rb dari pelabuhan kartini sampe pelabuhan lagi, udah include tiket, makan, penginapan dll..

Enaknya travelling sendiri ya gini, bisa ngatur budget yang keluar, paket wisata ke kerimun jawa waktu itu selama 3 hari 2 malem paling murah 700rb, dan aku disana cuma habis 500rb, alhamdulillah aku main selama seminggu ini juga bermodalkan jual kamera Xiaomi Yi, yang waktu itu lagi rame ramenya persewaan SportCam, aku jual 1 juta dan semuanya aku habiskan buat perjalanan ini .. sekian dulu ya ceritanya, tungguin cerita cerita perjalanan ku yang lainya.. terima kasih.

Popular posts from this blog