Pengalaman Bermalam di Pantai Kalikencana Nusakambangan

Halo Guys …
Kali ini saya akan menceritakan perjalan dan ekspedisi bermalam dipulau Eksekusi yaitu Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan adalah tempatnya Wisata pantai atau pantainya Cilacap selain Pantai Kemiren dan Teluk Penyu, tetapi Nusakambangan Juga memiliki berbai tempat menarik seperti : karang bolong,kalimpat,kalijati,karang bandung,rancahbabakan,selok pipo,kalikencana dan masik banyak lagi yang belum terjamah oleh manusia karena lebatnya hutan dan mistis yang ga sembarang orang dapat menembusnya, dan jika Kalian ingin mengunjungi wisata tersebut bisa follow instagram @manggaul @daubmatulasi

Nah kali ini saya akan menceritan pengalaman saya camp di Kalikencana ,kalikencana terletak di nusakambangan bagian tegah ,selatan pulau atau balik pulau , jika kalian ingin kesana harus menembus hutan dengan perjalanan kaki kurang lebih 2jam – 3jam perjalanan kaki jika normal

Kembali ke tema, pada saat itu hari sabtu bulan 11 kalau ngga 12 tahun 2016 pukul 10.00 am saya datang kekontrakan temen untuk kumpul bareng, setelah beberapa saat saya mulai mendengar pembicaraan untuk camp dinusakambangan, pada saat itu saya tertarik untuk ikut karja saya juga sebenarnya pengin camp disana masa kesana Cuma buat nganterin orang tourguide dipagi sampai sore kan pasti penasaran saat malam lhaa,,,lalu saya mengusulkan pertanyaan “bawa tenda berpa guys” ,bawa 2 tenda bro,mau ikut apa “ya udah boleh kalo bener bawa 2 karna perasaan gw udah ga enak,jam 12 gw balik buat packing ,biasa acara kalo ndadak itu lebih greget wkwk , jam 2 gw langsung kesana dengan dianter temen sampai teluk penyu jam 1 kami semua udah sampai diteluk penyu,,eh sesampai diteluk penyu ternyata ga boleh buat camp ,katanya bahaya mas kemaren baruaja ada yang hilang,nyampai diteluk penyu jam 11 malem ,terus pada tanggal 29-11-2016 dikalimpat juga kejadian sama nyampe teluk penyu jam 10 malem gara’’ ada yang kesurupan ditengah perjalanan, akhire semua tukang perahu pada denger karna cekcoknya keras dan emang ketentuan dari paguyuban untuk tidak memberi izin,karna temen kami pada ngotot kepala tanggung udah bawa carrier akhirnya kepala paguyuban ditelpn teman saya ,dia dibawa blab la bla…masih tidak boleh ,akhirnya saya pun angkat bicara, saya sudah berpuluh kenusakambangan pak,saya paham betul alur,arah dan jalur dinusakambangan, lalu situkang perahu menjawab,”bukannya gitu mas ini udah kesepakan seluruh paguyuban,karna memang lagi ga aman buat perjalanan malam , saya menjawab,iya pak saya tahu itu saya akan jaga temen’’ saya tau resiko tapi saya punya solusi jika musuh saya bukan manusi,tapi kalo manusia saya pasti kalah karna saya ga bawa senjata,blab la bla

Akhirnya saya diizinkan untung nybrang dengan perjanjian jika terjadi apa’’ karna hantu saya ga tanggung jawab,tapi kalo preman saya dari paguyuban bertanggung jawab, dan DEAL pukul 15.00 wib kami disebrangkan 15 menit sampai pukul 15.15 kami berdo’a sebelum memasuki hutan dan berangkat ,gw memimpin pasukan didepan sendiri ,setelah ditengah perjalan gw ngerasa ga enak,dan akhirnya gentian temen gw yang didepan ,setelah perjalanan kurang 15 menit lagi sampai karna tinggal nyebrang sungai dan hutan pohon waru dengan desiran ombak yang besar waktu itu pukul 18.00 saya meminta teman gw untuk break karna waktu wagrib ,temen gw ngeyel karna emang udah deket akhirnya pada nekat nyebrangi sungai dan seketika langit langsung gelap dan malam padahal harusnya masih cerah karna dipantai ,deg perasaan gw makin kacau dengan suara gamelan dan orgen , akhirnya gw nyuruh temen gw untuk break karna sudah pasti jalan nutup walaupun nyari berapa lama ga mungkin ketemu kalo bukan jamnya ,akhirnya pada ga percaya nekad nyari ,waktu itu gw berangkat ber 9 ,laki 6 cewe 3

Gw bareng cewe’’ sambil nyalain rokok,,setelah setengah jam berlalu temen gw balik dengan hasil zonk ,akhrya gw udah berani jalan karna jam menunjukan jam 19.00 gw ngusulin lewat jalur sungai,eh ternyata airnya dalem banget padahal aslinya ga sedalam itu,,akhirnya udah lah camp sini aja pada putus asa.wah ga baik nih akhirnya gw nekad nyari jalur sama temen gw berdua lainnya tek suruh istirahan dan waktu itu saya kejeblos lumpur hampir habis paha gw ditelen lumpur dan akhirnya gw nyuruh temen gw balik lagi kerombongan break sebentar makan,ngopi,gitaran dan menikmati indahnya kunang-kunang

Jam menunjukan pukul 20.00 ayo jalan lagi gw yang didepan…dan jam 20.15 gw nemuin jejak kaki dihutan waru dan seketika itu jalur langsung muncul dengan jelasnya , jam 2.30 kami sampai pesisir pantai,langsung bikin api unggun,makan mie,tenda dan foto’’, ternya temen gw bo’ong katanya bawa tenda 2 ternya 1 yang satunya Cuma banner waduh,, jam 1 udah pada mulai ngantuk dan mencoba tidur ,gw dan para laki’’ dibanner dan cewe ditenda ,,jam 1.30 gw ga bias tidur karna gigitan serangga yang kurang ajar ,yang lain juga sama, dan ngoceh “kalo ini siang gw bakal balik dah” ga bias tidur sama sekali,panas,gatel,sakit,,hahh celoteh temen gw ,,gw mah masih biasa waktu itu dan setelah pulang gw paling parah

Akhirnya pagi ,pukul 05.00 gw liat seorang laki’’ dan gw samperin ,pak dipantai sejak kapan “udah 6 hari mas,nyari lobster” emang bener sih lagi megang lobster,dan gw Tanya lagi, berarti semalam denger kita teriak’’ sama sorotan senter yah pak,lalu menjawab “wah gak liat dan denger apa’’ mas,nyasar yah” iya pak kok tau,lalu dia njawab “iya mas aku juga kemaren ilang sama,gabisa balik kegubug,lagi panas sih mas nusakambangan,dihutan pas mas ilang kana da makamnya” ,apa iya pak ga tau malah “itu yang tumpukan tanah itu makam mas”…dan bapak itupun pergi dan gw persiapan packing ,jam 9 mulai keluar dari kalikencana,terus lewat hutan waru semalem ,kita emang Cuma muter’’ disekeliling makam karna banyak jejek kaki kami,edan nihh jam 12.00 nyampai pantai jam 13.00 nyampai kost, mandi makan ,tidur,dan bangun tidur kaki gw udah bintik’’ merah hanya gw doang, mungkin karna keblusuk/ditelan lumpur pas dihutan semalem (fotonya ada disini)

Nb: karena untuk privasi jadi gak bisa mempublikasikan foto lebih banyak,